Cara Merawat Gigi dan Mulut

Gigi dan gusi yang sehat memudahkan Anda untuk makan dengan baik dan menikmati makanan yang enak. Beberapa masalah dapat memengaruhi kesehatan mulut Anda, tetapi perawatan yang baik harus menjaga gigi dan gusi…

Gigi dan gusi yang sehat memudahkan Anda untuk makan dengan baik dan menikmati makanan yang enak. Beberapa masalah dapat memengaruhi kesehatan mulut Anda, tetapi perawatan yang baik harus menjaga gigi dan gusi Anda tetap kuat seiring bertambahnya usia.

Kerusakan gigi

Gigi dilapisi lapisan luar yang keras yang disebut enamel. Setiap hari, lapisan tipis bakteri yang disebut plak gigi menumpuk di gigi Anda. Bakteri dalam plak menghasilkan asam yang dapat merusak enamel dan menyebabkan gigi berlubang. Menyikat dan membersihkan gigi dengan benang dapat mencegah kerusakan, tetapi setelah lubang terbentuk, untuk menghindari kerusakan lebih lanjut, dokter gigi harus memperbaikinya dengan tambalan.

Gunakan pasta gigi berfluorida untuk melindungi gigi Anda dari kerusakan. Jika Anda berisiko lebih tinggi mengalami kerusakan gigi (misalnya, jika Anda memiliki mulut kering karena kondisi yang Anda alami atau obat-obatan yang Anda minum), Anda mungkin memerlukan lebih banyak fluorida. Dokter gigi atau ahli kebersihan gigi Anda mungkin memberi Anda perawatan fluoride selama kunjungan kantor atau mungkin meminta Anda untuk menggunakan gel fluoride atau obat kumur di rumah.

Penyakit gusi

Penyakit gusi dimulai ketika plak menumpuk di sepanjang dan di bawah garis gusi Anda. Plak menyebabkan infeksi yang melukai gusi dan tulang yang menahan gigi di tempatnya. Bentuk penyakit gusi yang ringan dapat membuat gusi Anda merah, lunak, dan lebih mungkin mengeluarkan darah. Masalah ini, yang disebut radang gusi, seringkali dapat diatasi dengan menyikat dan membersihkan gigi dengan benang setiap hari.

Bentuk penyakit gusi yang lebih parah, disebut periodontitis, harus dirawat oleh dokter gigi. Jika tidak segera diobati, infeksi ini bisa menyebabkan perih, gusi berdarah, nyeri saat mengunyah, bahkan gigi tanggal.

Untuk mencegah penyakit gusi:

  • Sikat gigi Anda dua kali sehari dengan pasta gigi berfluorida.
  • Bersihkan benang secara teratur.
  • Kunjungi dokter gigi Anda secara rutin untuk pemeriksaan dan bleaching gigi. Beri tahu dokter gigi tentang kondisi medis yang Anda miliki dan obat yang Anda minum.
  • Makan makanan yang seimbang.
  • Berhenti merokok. Merokok meningkatkan risiko penyakit gusi.

Cara Membersihkan Gigi dan Gusi Anda

Ada cara yang benar untuk menyikat dan membersihkan gigi dengan benang. Setiap hari: rangkaian 3 foto yang menunjukkan cara membersihkan gigi dengan benang

  • Sikat gigi Anda dengan lembut di semua sisi dengan sikat berbulu lembut dan pasta gigi berfluorida. Ganti sikat gigi Anda setiap 3 hingga 4 bulan.
  • Gunakan gerakan melingkar kecil dan gerakan pendek maju mundur.
  • Sikat dengan hati-hati dan lembut di sepanjang garis gusi Anda.
  • Sikat lidah Anda dengan lembut atau gunakan pengikis lidah untuk membantu menjaga kebersihan mulut.
  • Bersihkan sela-sela gigi Anda dengan benang gigi, benang bekas benang, benang air, atau produk serupa. Ini menghilangkan plak dan sisa makanan yang tidak bisa dijangkau sikat gigi.
  • Bilas setelah Anda membersihkan benang.

Orang dengan artritis atau kondisi lain yang membatasi gerakan tangan mungkin merasa sulit memegang dan menggunakan sikat gigi. Beberapa tip bermanfaat adalah:

  • Gunakan sikat gigi yang dioperasikan dengan listrik atau baterai.
  • Beli sikat gigi dengan pegangan yang lebih besar.
  • Pasang pegangan sikat gigi ke tangan Anda dengan karet gelang lebar.

Temui dokter gigi Anda untuk melakukan tindakan medis jika menyikat atau membersihkan gigi dengan benang menyebabkan gusi berdarah atau sakit mulut. Jika Anda mengalami masalah flossing, pemegang benang dapat membantu. Minta dokter gigi Anda untuk menunjukkan cara yang benar untuk menggunakan benang gigi.